Multisite WordPress for non-profit organization

Kami akan sharing mengenai implementasi WP multisite yang saat ini kami implementasikan pada mainsite kami, www.cifor.org.

Saat ini website tersebut berjalan di atas platform Windows — which mostly WP enthusiast prefer to have it under unix.

Pada dasarnya organisasi kami adalah research institute, jadi asset organisasi kami adalah hasil penelitian, baik yang berupa artikel, buku maupun jurnal.

Namun output berupa PPT (SlideShare), foto (flickr) maupun video(youtube) juga adalah sesuatu yang “menjual” bagi kami.
Pada mainsite ini kami mengadalkan suatu engine, yang kami sebut DACE untuk menggumpulkan data-data output tadi untuk kemudian kami tampilkan dalam “etalase” website kami.

Pendekatan multisite kami terapkan pada project site kami, saat ini ada sekitar 15 project site yang jalan bersama dengan mainsite. Sharing asset data antara Mainsite dan project site adalah hal yang umum kami lakukan dan implementasi di WP sangatlah memudahkan kami.

Selain website utama, NewsSite kami, forestsnews.cifor.org juga menggunakan platform WP, malahan NewsSite inilah yang membuat kami jatuh cinta pada WP dan meninggalkan CMS yang sebelumnya kami gunakan (TYPO3). Mudahnya penggunaan dan pendelegasian role dari sisi backend, serta begitu kompatibelnya platform WP dengan SEO rules membuat kami mudah untuk meyakinkan para stake-holder untuk memilih WP dibandingkan Drupal saat issue untuk revamp dan berpindah platform bergulir sekitar tahun 2013.

Disamping kedua website tersebut, kami juga menggunakan multisite WP untuk website annual event kami, implementasi multisite kami terapkan untuk mendefinisikan event dengan tahun yang berbeda, dengan detail yang berbeda namun pendekatan multisite, website tersebut tetap bisa sharing asset dengan mudah.

Kedepannya, organisasi kami sedang mengembangkan event website yang bisa menampung crowd action, sharing knowledge dan forum diskusi, opsi yang saat ini telah terlihat adalah dengan memanfaatkan BuddyPress untuk handle user account dan optimisasi komunikasi antar website kami memanfaatkan REST API dari WordPress.

Speaker